Suka Baca Komik Coba Buat Komik Sendiri

Suka Baca Komik? Coba Buat Komik Sendiri!

Posted on

Menjadi seorang penikmat memang sangat nyaman. Tak perlu melakukan apapun sudah mendapatkan kepuasan. Akan tetapi satu kerugiannya yaitu hanya sebagai seorang “penikmat tanpa keuntungan”. Karena itu Anda yang mungkin notabennya selama ini hanya seorang penikmat mari menjadi seorang peminat yang mencipta sebuah karya.

Daripada Anda terus menerus baca komik yang dibuat orang lain, lebih baik Anda telaah apa saja unsur unik dari komik tersebut dan coba buat sendiri komik agar bisa memiliki prestasi di bidang yang Anda suka. Sayang bukan kalau hanya membaca komik tapi tidak bisa membuatnya? Minimal bisa buat komik sendiri untuk mengasah kemampuan, begitu akan lebih baik. Lalu seperti apa sih cara buat komik sendiri? Mari kita coba telaah cara membuat komik.

Baca juga : Komik Garudayana, Komik Indonesia yang Terbit Di Jepang

Cara Buat Komik Sendiri

Suka Baca Komik Coba Buat Komik Sendiri

Pikirkan tentang plot komik

Plot sendiri merupakan sebuah rangkaian urutan didalam sebuah cerita. Seperti apa cerita bermula, seperti apa inti cerita dan dengan siapa saja tokoh – tokoh didalam cerita akan disajikan. Plot juga menjadi sangat penting didalam membuat komik karena komik tanpa plot akan tak ada kejelasan ukuran dari awal sampai akhir cerita komik dibuat dan akan terjalin kurang runtut, kurang sistematis dan kurang rancak.

Coba buat draft dengan pensil

Ketika Anda mulai belajar membuat komik, Anda dapat mulai gunakan pensil yang dapat meminimalisasi kesalahan – kesalahan yang terjadi. Anda dapat memulai untuk membuat sebuah draft berupa kotak frame, layout halaman dan kemudian Anda bisa mulai menggambar tokoh – tokoh didalamnya. Seperti apa posenya dan seperti apa ekspresinya dapat Anda bayangkan sendiri dan membuat draftnya dengan pensil.

Jangan lupa bentuk outline gambar

Anda dapat memulai untuk merapikan draft gambar dengan menggunakan drawing pen. Untuk kotak dan juga bentuk persegi lain dapat dibantu dirapikan dengan menggunakan penggaris. Dan upayakan Anda pastikan agar drawing pen tidak bocor agar tidak malah merusak draft yang sudah dibuat.

Lakukan koreksi

Terkadang memang setelah sampai di gambar yang detail, baru kemudian ditemukan sebuah kesalahan – kesalahan gambar. Seperti misalkan kedua mata yang tidak sejajar dan ukuran tubuh yang terlalu kecil atau malah terlalu besar. Anda harus dapat melakukan koreksi atas bagian ini dan coba untuk Anda perbaiki dengan yang lebih baik dan lebih ideal lagi kesemuanya.

Pahami kesalahan

Setiap orang pasti punya kesalahan. Begitu juga ketika sedang membuat sebuah komik. Karena itu ada baiknya untuk Anda pahami kesalahan dan upayakan jangan pernah Anda berusaha menghindar dari kesalahan tetapi perbaiki kesalahan.

Itulah beberapa informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Cara Buat Komik Sendiri. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *